Social Icons

Pages

Rabu, 28 September 2011

Cara Mereset dan Memperbaiki Printer Canon Pixma MP145 yang Rusak


Hmmm...ternyata klo diitung2 dah lama juga ea aq gag update blog, terakhir x klo seingat aq pas bulan Juli aq update blog, ea maklumlah sibuk gtu loh...hohoho.

Mumpung sekarang lg mood n gag sibuk, aq ingin bagikan tips cara mereset Printer Canon MP145, kebetulan kemarin abis benerin Printer jenis yang sama, ea itung2 share pengalaman gitu.

Oke dweh qta mulai ceritanya --> ceritanya kemarin aq hendak nge-print, tapi diriku terkejut saathasil print yang keluar warna merah, padahal seharusnya warna hitam yang keluar. Lalu aq berkata dalam hati, Ada apakah ini?


Setelah berpikir sejenak, akhirnya aq memutuskan untuk mengisi ulang tinta hitam. Setelah itu, kembali nge-print dweh, tapi ternyata oh ternyata --> warna hitam keluar tapi cuma sedikit dan hasil print gag jelas, kemudian aq bertanya dalam hati lagi, oh apakah yang sebenarnya yang terjadi pada printer aq ini???


setelah berpikir sejenak, akhirnya aq putusin untuk meng-cleaning lewat maintenance, tp ternyata setelah dicoba masih gag jelas juga warna hitamnya...hmmmm...akhirnya timbul pertanyaan baru, ni printer sebenere lagi sakit gag sih???


Akhirnya aq berpikir untuk membawa tuh printer ke rumah sakit, tapi ketika mau dibawa ke rumah sakit, aq baru inget klo rumah sakit tuh tempate buat orang sakit bukan buat servis printer (ea maklumlah orang lagi musmet gampang errornya).


Setelah batalin pergi ke rumah sakit, akhirnya aq buka internet untuk konsultasi sama mbah google, ternyata aq nemuin cara memperbaiki tuh printer yaitu dengan mereset printer tersebut, kira2 begini caranya:

CARA MERESET WASTE INK COUNTER CANON MP160/MP145
Sebelum mereset lihat dulu pesan error yang terdapat pada lcd printer anda :
cara dibawah ini digunakan untuk memperbaiki printer yang mempunyai pesan ERROR E27

1. Matikan printer(pastikan kabel power masih terpasang), tekan dan tahan tombol STOP/RESET kemudian tekan dan tahan tombol ON/OFF dan lepas STOP/RESET,
kemudian tekan tombol STOP/RESET 2x
2. Lepaskan kedua tombol, sekarang printer dalam posisi SERVICE MODE (pada LCD printer muncul angka"0")
3. Setelah lampu on/off berwarna hijau, silahkan tekan tombol STOP/RESET sesuai dengan petunjuk berikut:
di tekan 1x = lampu Orange nyala >untuk Service pattern print
di tekan 2x = lampu Hijau nyala >untuk EEPROM print
di tekan 3x = lampu Orange nyala >untuk EEPROM reset
di tekan 4x = Lampu Hijau Nyala >untuk Waste ink counter reset
4. Matikan printer dan cabut kabel POWER.
5. Hidupkan kembali printer anda

Akhirnya dicoba dweh cara di atas, ea dengan harapan smoga printer aq kembali normal. Tapi alangkah terkenyutnya aq setelah mencoba cara di atas, ternyaa oh ternyata sama aja gag biki printer tambah bener.
akhirnya aq bertanya dalam hati lagi, sebenarnya apa maunya si printer ini???

akhirnya karena pikirane mentok, ea aq pake cara yang pernah di kasih tau temen aq yaitu memandikan cartridge dengan air hangat (maksudnya mencelupkan mata cartridge ke dalam air hangat)...hehehe.

Tapi lagi lagi dan lagi lagi hasilnya nihil...huft...huft...dan huft...

Sempat ku termenung hanya gara2 memikirkan printer aq yang rusak.

Tapi drpd termenung, akhirnya aq otak atik lagi dweh tuh printer yaitu dengang mengisi tinta hitam sampai penuh, tyus dicoba lagi pasang masih tetep juga, tyus dicopot lagi dan dipasang lagi dan dicoba lagi sampe stres...hmmm.

Akhirnya aq diemin dweh tuh printer, ea drpd aq stres tyus masuk rumah sakit, ea gag???

Setelah didiemin 1 hari, ke esokan harinya rasa penasaran sama tuh printer pun muncul kembali, akhirnya aq buka tuh printer tyus copot cartridge tyus di isi tinta lagi, tapi tetep aja msih ngadat.

Akhirnya aq iseng pake suntikan tinta yang dah kosong di semprotkan udaranya ke dalam cartridge sampai tintanya muncrat lewat mata cartridge. Dan akhirnya di pasang...eh ternyata oh ternyata printer kembali normal...waaaahhhhhh dari kemarin kek pake cara itu...gag pake stres kaya kmrn..hmmmm.

semoga pengalaman ini bisa menjadi inspirasi bagi temen2 smua dan semoga bermanfaat...Amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar